Tips Ayah Mengasuh si Balita

Masa balita bisa sangat menyenangkan, namun juga bisa menjadi tantangan bagi orang tua. Sejumlah besar perkembangan keterampilan si Kecil terjadi di antara rentang usia 1-5 tahun.  Ayah memainkan peranan penting selama masa ini.  

 

Ayah yang menunjukkan kehangatan dan kasih sayang akan mendukung si balita untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Menjadi ayah yang aktif juga akan membantu anak berkembang secara akademis, emosional dan sosial.  Nah, siap ikut terlibat dalam pengasuhan si balita, ini tipsnya:

 

Ciptakan waktu untuk berduaan

Di sela-sela kesibukan Ayah, buatlah jadwal berkegiatan bersama si Kecil dan memberinya perhatian penuh. Kegiatannya tidak perlu rumit, sekadar jalan-jalan atau bermain bisa sangat  bermakna bagi anak. Yang terpentinng, fokus pada si Kecil dengan menyingkirkan smartphone dan gangguan lainnya.

 

Bermain dengan seru

Biarkan anak menentukan permainan dan Ayah tinggal bergabung. Ayah perlu menjadi kreatif untuk menjadi teman bermain yang seru. Bila diundang ke pesta si Kecil dengan  boneka-bonekanya, misalnya, ajaklah si boneka mengobrol: “Hai Teddy Bear, bolehkah aku ikut ke pesta juga?” Si Kecil pasti sangat menyukainya.

 

Ceritakan apa saja

Jadilah ayah yang “rame”.  Jelaskan apa yang terjadi di sekitar Ayah pada si Kecll.  “Kucingnya kayaknya lapar ya, Dek, ayo kita kasih makan.” Penelitian menunjukkan para balita yang ayahnya banyak berbicara, lebih mahir berbahasa setahun lebih cepat dibandingkan anak-anak lainnya.

 

Katakan bahwa Ayah menyayanginya

Anak perlu merasa bahwa mereka dicintai tanpa syarat. Sering-seringlah mengatakan Ayah mencintainya. Memeluk atau mencium si Kecil juga membantunya merasakan kehangatan cinta Ayah.

 

Bersikaplah tegas, namun hangat dan positif.

Berikan batas-batasan yang rasional untuk menjaga keamanannya.  Bila si Kecil melanggar,  katakan dengan tegas “Adek boleh bermain, tapi cuma sampai pagar ini, ya!” Si Kecil akan merasa bahagia, aman dan dicintai bila orang tua bersikap tegas dengan cara yang positif dan penuh kasih.

 

Beri si Kecil nutrisi terbaik vidoran smart 3+

Susu vidoran Xmart 3+ merupakan sumber minuman yang kaya nutrisi yang mengandung formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil atau Minyak Hati Ikan Cod yang kaya akan omega 3 (DHA & EPA), Vitamin A dan D untuk menjaga daya tahan tubuhnya. vidoran Xmart 3+ juga mengandung berbagai makro dan mikronutrien yang membuat susu ini tidak hanya mampu memberi rasa kenyang, namun juga membantu memenuhi kebutuhan gizi anak. Berikut keunggulan kandungan vidoran Xmart 3+

  • Cod liver oil merupakan minyak hati ikan kod yang mengandung Omega 3 (DHA+EPA) dan tinggi vitamin A & D alami yang berguna untuk membantu mengoptimalkan perkembangan jaringan otak, meningkatkan daya tahan dan pertumbuhan anak.
  • Serat Pangan Inulin merupakan serat pangan larut yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan saluran cerna anak.
  • Asam lemak esensial (asam linoleat) yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.
  • Sumber protein yang merupakan salah satu komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak

 

Selamat mengasuh si Kecil dengan seru ya Ayah!

 

Artikel Lainnya: Rahasia Mengolah Makanan Kaya Omega 3

 

Sumber:

https://thefatheringproject.org