Rahasia Mengolah Makanan Kaya Omega 3

Makanan kaya omega 3 sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Sayangnya, omega 3 merupakan bahan yang mudah rusak oleh panas. Menggoreng atau menumis ikan dalam suhu tinggi, misalnya, dapat merusak omega 3 yang terkandung di dalamnya. Sebuah penelitian menemukan kandungan omega 3 (EPA dan DHA) pada tuna 70-85% hancur dalam proses penggorengan. Lalu bagaimana cara mengolah makanan kaya omega 3? Berikut tipsnya:

 

Ikan

Ikan adalah salah satu makanan yang kaya omega 3.  Memanggang atau merebus ikan adalah cara terbaik untuk mengawetkan omega 3. Saat mengolah ikan, perhatikan juga suhunya, jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu lama memasaknya.

 

Sayuran berdaun hijau tua

Sayuran berdaun hijau tua, seperti brokoli, kale, bayam, rumput laut, dan sejenisnya sangat kaya akan omega 3. Untuk menjaga kandungan omega 3nya, sayuran sebaiknya dikonsumsi dalam bentuk mentah/lalap atau setidaknya direbus/dikukus dalam waktu yang tidak terlalu lama.

 

Biji-bijian

Biji-bijian, seperti flaxseed atau chia seed juga kaya kandungan omega 3.  Sama dengan makanan kaya omega 3 lainnya, hindari memasak atau memanaskan biji-bijian tersebut. Yang terbaik gunakan biji-bijian secara utuh, misalnya flaxseed atau chia seed ditambah sebagai taburan untuk salad atau roti.

 

Minyak zaitun

Untuk menjaga kandungan omega 3 pada minyak zaitun, simpan minyak zaitun di tempat yang gelap dan sejuk.  Saat memasak apa pun dengan minyak zaitun jaga suhu agar tidak terlalu tinggi, yakni di bawah 180 °C.

 

Nah, selamat mencoba.  Jangan lupa, si Kecil juga bisa mendapatkan omega 3 dari vidoran Xmart 5+.  Susu untuk anak 5-12 tahun ini memiliki kandungan  Minyak hati ikan kod yang mengandung Omega 3 (DHA+EPA).  Berikut beberapa keunggulan kandungan vidoran Xmart 5+:

  • Minyak hati ikan kod yang mengandung Omega 3 (DHA+EPA) dan tinggi vitamin A & D alami, selain baik untuk kesehatan mata, juga berguna untuk membantu mengoptimalkan perkembangan jaringan otak serta meningkatkan daya tahan dan pertumbuhan anak.
  • Tinggi Kalsium untuk membantu pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.
  • Asam lemak esensial (asam linoleat) yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.
  • Tinggi Zat Besi dan Zink untuk pertumbuhan sel-sel dalam tubuh dan mendukung proses metabolisme tubuh.

 

Artikel Lainnya: Kacang Hijau untuk Bumil, Lezat dan Kaya Manfaat

 

Sumber:

www.fitday.com/

www.healthline.com/