Q

Ela Yulianti
Hallo dok anak saya usia 3 thn pda tgl 20 agustus kmrn dgn berat bdan 20 kg dia biasanya menghabiskan 2-3 gela susu vidoran 3+ setiap hari maksimal itu 4 gelas per hari. Apakah dgn berat badannya saat ini anak saya masuk kategori obes atau tdk dok?

A

Halo Bunda Ela,

Berdasarkan World Health Organization (WHO), berat badan maksimal anak usia 3 tahun berkisar 16kg. Pada masa pertumbuhan, anak-anak sangat memerlukan banyak nutrisi penting seperti: karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan serat baik yang didapat dari mengkonsumsi beraneka ragam makanan, seperti: sayur-mayur, buah-buahan, nasi, daging, ikan, telur, kacang-kacangan, susu, keju/yogurt, dll.
Susu dan produk turunannya memang sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak pada masa petumbuhan. Anak-anak usia 1- 9 tahun dapat mengkonsumsi susu hingga 500ml (2 gelas kecil) per hari untuk kecukupan kalsiumnya. Usahakan anak untuk minum air putih dan tawarkan cemilan sehat di luar jam makan apabila ia masih lapar. Cemilan yang dapat disiapkan seperti: buah potong, biskuit rendah garam, yogurt, keju, sayuran rebus dengan saus homemade (tomat, labu kuning, kacang merah, yogurt, cream cheese & madu, dll). Buatlah pola makan teratur serta disarankan untuk mengontrol porsi makan dan cemilan si kecil. Si kecil tidak perlu diet/ menurunkan berat badan, namun usahakan untuk mempertahankan berat badan saat ini dan amati berat badannya sesuai usia dan tinggi badan menurut kurva standar pertumbuhan.

Semoga penjelasannya cukup membantu ya, Bunda. Terima kasih.