Q

Irmalasari
Dok anak saya tidak pernah minum susu formula,lalu kebetulan anak saya di beri vidoran soya dan aank saya suka sekali.sehari bisa sampai 3 kali minum susunya.pertanyaannya apakah bagus untuk perkembangan apabila hanya minum susu soya tanpa susu sapi lainnya

A

Dear Bunda Irmalasari,

ASI merupakan makanan terbaik bagi si kecil pada 6 bulan pertama masa hidupnya. Namun bila bunda kekurangan produksi ASI dapat menambahkan susu formula untuk si kecil. Berikut beberapa tips untuk meilih sufor yang tepat bagi si kecil:
- Pilihlah sufor berbasis susu sapi terlebih dahulu karena kandungan protein hewani dan nabati berbeda. Bunda dapat memperhatikan tanda-tanda apabila Si Kecil punya alergi terhadap susu sapi atau intoleransi lakstosa, seperti: ruam, bintik merah, gatal pada kulit, kembung, diare, muntah, lesu, rewel, hingga BAB berdarah. Namun, bila reaksi alergi susu sapi tampak, Bunda dapat mengganti susu dengan basis soya, dibawah pengawasan dokter.
- Pilihlah sufor berdasarkan usia. Kandungan protein dan komposisi nutrient di dalam sufor sudah disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan si kecil, maka penting untuk memberikan sufor sesuai dengan usianya.
- Pilihlah sufor yang rendah gula. Cek pada label kemasan kandungan karbohidrat, terutama gula dan sukrosa.
- Cek tanggal kadaluarsa produk sebelum membeli. Pastikan tanggal kedaluwarsa masih jauh dan produk masih tersegel dengan baik untuk memastikan kualitas susu terjaga.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda. Terima kasih.