Q

Nyak zuliana
Saya mau tanya kenapa anak saya cepat bosan minum sufor pas ganti merek suka suka lama lama bosan diganti lagi minum lagi lama lama bosan lagi, apa solusinya ya, mohon bantuan,,,

A

Dear Bunda Nyak,

Setelah berusia 6 bulan, makanan utama Si Kecil adalah makanan padat MPASI, sedangkan susu hanya sebagai makanan tambahan sehingga jumlah konsumsi susu si kecil pun akan semakin berkurang, yang terpenting berikanlah Si Kecil makanan MPASI sehat bergizi, seperti: sayur-mayur, buah-buahan, nasi, daging, ikan, telur, kacang-kacangan, susu atau produk olahan susu seperti keju & yogurt, dll.

Pada usia 1 tahun ke atas, pastikan Si Kecil sudah mendapat sebagian besar asupan gizi dari makanan padat. Usia ini merupakan saat dimana Si Kecil tumbuh dengan pesat, sehingga Bunda perlu memberinya makanan dengan gizi seimbang, terpenuhi kebutuhan energi, protein, karbohidrat, vitamin dan mineral, dan serat. Anak-anak di atas 1 tahun juga sudah dapat minum susu sapi pasteurisasi dan UHT. Berikanlah susu sebagai sumber gizi tambahan dan tidak lebih dari 2 gelas (±500 ml) per hari. Hindari memperkenalkan Si Kecil dengan makanan/ cemilan yang tinggi kalori, gula, maupun MSG, seperti: chips, keripik, permen, coklat, junkfood, minuman kemasan, soda, dll.

Untuk memastikan statu gizi Si Kecil, catat tinggi dan berat badan anak setiap bulan, kemudian sesuaikan dengan kurva pertumbuhan yang terdapat di posyandu atau puskesmas. Dengan ini Bunda dapat mengetahui bila pertumbuhan Si Kecil mengalami gangguan, misalnya kurva mendatar atau menurun drastis. Hal lain yang perlu diperhatikan apakah Si Kecil memiliki penyakit serius, alergi pada satu jenis makanan, ataupun cacingan yang dapat menganggu asupan nutrisi anak. Apabila Si Kecil tidak suka mengonsumsi susu namun kebutuhan gizinya sudah terpenuhi dari makanan padat, maka tidak ada masalah. Tetapi, apabila pertumbuhannya terhambat, Si Kecil terlihat lesu dan tidak aktif, segera konsultasikan kesehatannya dengan dokter spesialis anak.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda. Terima kasih.