Q

Intan
Dok saya mau nanya saya bingung sama pilihan susu yg mau saya kasi buat anak saya.usia anak saya baru satu tahun alasan saya mau kasi susu karna badannya semakin hari gak naik2.nafsu makan pun kurg

A

dr. Nati
Halo Bunda Intan,

Pada usia pertumbuhan, pola makan anak dapat berubah-ubah mengikuti selera atau mood-nya sehingga dapat membuat orang tua menjadi bingung. Namun, hal ini merupakan hal yang umum terjadi pada anak-anak yang sedang sangat aktif menjelajah hal baru. Napsu makan dapat dipengaruhi oleh lingkungan, kebiasaan/aktivitas, hingga masalah hormonal. Namun, Bunda tidak perlu khawatir dahulu jika Si Kecil kekurangan makan. Amati tumbuh kembangnya dan cocokan tinggi serta berat badannya dengan kurva standar pertumbuhan untuk memastikan Si Kecil memiliki status gizi yang baik. Apabila Si Kecil masih aktif dan ceria, kemungkinan Si Kecil masih memiliki status gizi yang baik.

Beberapa hal berikut juga dapat dilakukan untuk meningkatkan napsu makan Si Kecil:
1. Buatlah jam makan yang teratur setiap hari. Pastikan Si Kecil tidak terlalu banyak ngemil atau minum susu, sehingga dapat makan dengan teratur sesuai jam yang ditentukan. Jangan paksakan Si Kecil untuk makan di luar jam makan atau ketika dia tidak lapar. Pada dasarnya, anak-anak dapat mengukur dirinya apabila dia merasa kenyang atau lapar.
2. Tidak menyerah ketika Si Kecil menolak untuk makan makanan rasa baru. Bunda mungkin perlu memperkenalkan 1 jenis rasa hingga lebih dari 10 kali kepadaSi Kecil sebelum dia dapat memutuskan untuk menyukai makanan tersebut. Si Kecil mungkin merasa asing dengan jenis makanan baru mereka dan Bunda perlu bersabar untuk membiasakan mereka dengan rasa makanan tersebut. Banyak orang tua yang menyerah ketika anak menolak makanan dalam dua atau tiga kali.
3. Buatlah waktu makan menjadi menyenangkan. Ajaklah Si Kecil untuk makan bersama pada saat jam makan sehingga dia dapat mengamati makanan yang dimakan orang lain. Hal ini dapat merangsang rasa ingin tahunya sehingga mau untuk mencoba makanan baru. Bunda dapat menjadi contoh yang baik untuk membiasakan Si Kecil makan sendiri ketika semua orang makan bersama dan waktu makan pun akan menjadi lebih menyenangkan bagi mereka. Pastikan Bunda membatasi waktu makan anak, tidak lebih dari 30 menit.
4. Bunda dapat menawarkan cemilan sehat kepada Si Kecil, namun ketika Si Kecil terlalu banyak ngemil, maka saat jam makan ia akan merasa kenyang sehingga sulit makan. Cemilan tidak sehat juga tinggi gula dan kalori, sehingga tidak baik untuk kesehatan mereka. Batasi cemilan hingga 2 kali sehari, yaitu 1-2 jam diantara jam makan.
5. Bunda dan Si Kecil dapat berekperimen dengan makanan. Siapkan makanan dengan aneka bentuk dan warna menarik yang terbuat dari sayur maupun buah, lalu hiaslah piring si kecil sehingga menarik untuk dimakan.

Semoga jawaban ini membantu ya, Bunda.