Q

Lilis listiana
Siang dok anak sy usia 5 bln lebh diare sdh 4 hri diare kluar drh Apakah diare berdrh krna alergi sufor dok tmksh

A

dr. Nati
Dear Bunda Lilis,

Warna tinja normal pada bayi dan anak secara umum adalah kuning atau cokelat. Empedu yang mewarnai tinja diproduksi oleh hati, disimpan di kantong empedu, lalu disalurkan ke usus halus lewat saluran empedu (duktus koledokus). Sehingga gangguan dari saluran empedu dan hati dapat mempengaruhi warna tinja. Pada anak yang mendapat susu formula tidak jarang tinjanya berwarna kehijauan. Tinja yang berwarna kehijauan, pada bayi dapat disebabkan karena warna empedu.

Ada juga pendapat bhw tinja yang berwarna hijau mungkin saja disebabkan karena ibu mengonsumsi banyak sayur- sayuran. Namun, hal tersebut masih belum jelas apakah ada hubungan atau tidak, dan masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Warna tinja kehijauan juga sering terjadi pada bayi yang mengonsumsi susu formula khusus seperti formula kedelai, formula hipoalergenik, formula asam amino, dan beberapa formula dengan kandungan zat besi yang tinggi.

Perlu waspada adanya penyakit yang serius pada bayi dan anak jika warna tinja nya putih seperti dempul, merah darah, hitam seperti ter atau kopi,hijau tua yang disertai diare. Adanya darah pada tinja bayi bisa menjadi tanda infeksi virus, bakteri, maupun parasit. Infeksi ini dapat memicu peradangan usus yang membuat BAB berdarah. Selain darah pada tinja, infeksi usus juga dapat ditandai dengan diare, BAB yang berlendir dan berbusa, demam, serta bayi menjadi sangat rewel. Jika dilihat dari kasusnya (berlangsung 4 hari), ada baiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut ya, Bunda.

Semoga informasinya membantu ya, Bunda. Terima kasih.