5 Penyakit Paling Sering Menyerang Anak dan Cara Mengatasinya

Masa kanak-kanak sering dipandang sebagai masa di mana seseorang lebih rentan terkena penyakit karena sistem kekebalan tubuh mereka yang masih berkembang dan belum sekuat orang dewasa. Salah satu penyakit yang paling sering menyerang si Kecil adalah flu.

 

Flu disebabkan oleh virus influenza dan bisa menular dengan mudah, jadi penting untuk sementara waktu menjauhkan si Kecil dari anak-anak lain. Gejala flu, seperti demam, nyeri otot, atau sakit kepala, dapat diobati dengan obat yang dijual bebas, seperti paracetamol atau ibuprofen.

 

Masih ada beberapa penyakit yang sering menyerang anak-anak, berikut di antaranya

 

Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan ditandai dengan nyeri saat menelan, rasa gatal dan iritasi pada tenggorokan. Penyebab paling umum dari sakit tenggorokan adalah infeksi virus (faringitis). Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus akan sembuh dengan sendirinya. Namun sakit tenggorokan yang disebabkan infeksi bakteri memerlukan pengobatan antibiotik untuk mencegah komplikasi.

 

Infeksi Telinga

Infeksi telinga (otitis media) terjadi ketika virus atau bakteri menginfeksi ruang di belakang gendang telinga anak. Gejalanya adalah sakit pada telinga sehingga bisa menyebabkan si Kecil rewel. Sering kali, infeksi telinga hilang dengan sendirinya, namun terkadang, anak-anak membutuhkan antibiotik atau obat pereda nyeri.

 

Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut

Penyakit tangan, kaki, dan mulut atau hand-foot-and-mouth disease  (HMFD) sangat menular tetapi biasanya tidak terlalu serius. Penyakit ini paling sering terjadi pada anak-anak di bawah lima tahun. Gejalanya meliputi ruam kulit, demam, sariawan, dan gejala lain yang mirip flu. Pengobatan akan disesuaikan dengan gejala yang muncul.

 

Konjungtivitis

Konjungtivitis dikenal dengan nama yang lebih umum yakni mata merah. Gejalanya termasuk mata merah, mata terasa gatal dan keluar cairan, serta bengkak pada salah satu atau kedua mata. Ada banyak penyebab, namun jenis konjungtivitis yang menular disebabkan oleh bakteri atau virus yang masuk ke mata. Dokter biasanya mengobati mata merah dengan salep antibiotik atau obat tetes mata.

 

Gastroenteritis

Gastroenteritis juga dikenal sebagai flu perut atau muntaber. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang dapat menyebar dengan cepat. Gejalanya meliputi mual, muntah, dan diare. Biasanya gejalanya hilang dalam beberapa hari dan pengobatannya meliputi istirahat dan pemberian cairan untuk menghindari dehidrasi akibat muntah dan diare.

 

Semoga si Kecil selalu sehat ya Bun!  Bunda dapat meningkatkan kualitas kesehatan si Kecil dengan menguatkan sistem kekebalan tubuhnya dengan pola makan yang bervariasi dan bergizi seimbang.  Saat si Kecil jatuh sakit, berikan vidoran Smart imunUp untuk mempercepat pemulihannya.

 

Keistimewaan vidoran Smart imunUp ada pada kandungan Echinacea yang dapat membantu sistem kekebalan melawan infeksi virus dan mempercepat pemulihan dari sakit.   vidoran Smart imunUp juga mengandung Buffered Vitamin C sehingga membantu mengurangi tingkat keasaman Vitamin C dan nyaman untuk lambung si kecil.  Kombinasi Echinacea dan vitamin C dalam vidoran Smart imunUp dapat memelihara daya tahan tubuh sehingga  membantu menjaga kesehatan anak.

 

vidoran Smart imunUp tersedia dalam bentuk sirup dan tablet yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan si Kecil. Berikan vidoran Smart imunUp 1-2 kali sehari untuk membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

 

Artikel Lainnya:  Vitamin B6 Tidak Boleh Dilewatkan Ibu Hamil Muda

 

Sumber:

https://my.clevelandclinic.org

www.hopkinsmedicine.org