Bolehkah Bumil Trimester Pertama Berpuasa? Ini tips agar Kehamilan Tetap Sehat

Berpuasa di bulan suci Ramadan adalah momen tepat bagi umat muslim untuk melakukan refleksi spiritual, memperkuat iman, dan mengembangkan pengendalian diri. Karena itulah, banyak bunda yang sedang menjalani kehamilan di trimester pertama pun tetap ingin ikut beribadah puasa. Apakah memungkinkan?

Di trimester pertama kehamilan, biasanya bumil sedang mengalami mual muntah.  Pada kasus yang berat, mual muntah bisa mengakibatkan dehidrasi yang parah. Bagi ibu hamil, dehidrasi adalah masalah serius yang harus diwaspadai. Perlu diketahui, bumil membutuhkan lebih banyak cairan untuk membentuk plasenta yang salah satu fungsinya memberi nutrisi pada janin yang sedang tumbuh. Karena itu, tidak mendapatkan cukup cairan dapat menyebabkan kesehatan ibu hamil dan janin terganggu.

Puasa juga tidak dianggap aman bagi bumil yang memiliki penyakit bawaan, seperti diabetes karena puasa dapat memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Saat berpuasa di siang hari, kadar gula darah bisa turun. Sementara sewaktu berbuka puasa di malam hari, kadar gula darah bisa menjadi terlalu tinggi jika bumil terlalu banyak makan.

Namun setiap kehamilan berbeda. Untuk itu, bagi bumil yang ingin berpuasa, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter. Jika dokter sudah mengizinkan dan Bunda telah memutuskan untuk berpuasa selama kehamilan, berikut tips berpuasa agar kehamilan tetap sehat:

Jangan lewatkan makan sahur
Nutrisi saat sahur akan memberi Bunda energi untuk mencegah tubuh lemas dan dehidrasi hingga waktu berbuka puasa tiba. Makanan sumber karbohidrat kompleks, seperti beras merah, roti gandum, dan pasta akan membantu memberi rasa kenyang lebih lama. Bunda juga bisa minum susu vidoran Ibunda, karbohidrat kompleks yang terdapat pada susu ini bisa memberikan kekuatan pada ibu hamil.

Jaga diri tetap terhidrasi
Ingatlah untuk minum banyak air saat sahur dan setelah berbuka: 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas di malam hari hingga menjelang Bunda tidur. Buah-buahan dan sayuran segar juga bermanfaat untuk menjaga bumil tetap terhidrasi. Bunda sebaiknya membatalkan puasa bila mengalami gejala dehidrasi, seperti mulut kering disertai sakit kepala hebat dan urine berwarna kuning gelap.

Makan secukupnya
Saat berbuka, biasanya rasa lapar akan membuat kita menjadi kalap makan. Hindari itu karena makan berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan penambahan berat badan, terutama jika bumil makan makanan tidak sehat, seperti makanan tinggi gula dan garam.

Lengkapi diet seimbang dengan susu vidoran Ibunda
Pastikan diet seimbang yang Bunda nikmati pada saat sahur dan berbuka dilengkapi dengan segelas susu vidoran Ibunda. Susu vidoran Ibunda merupakan susu Ibu Hamil Pertama yang dengan Formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil, Vitamin C, D3, E, Zink, Omega 3&6, Tinggi Kalsium, Protein, Zat Besi, Asam Folat, Inulin yang dibutuhkan selama kehamilan sehingga dapat memberikan asupan terbaik bagi janin serta menjaga keseimbangan nutrisi dan daya tahan tubuh Bunda selama berpuasa

Keunggulan lain susu vidoran Ibunda adalah mengandung vitamin B6 yang dapat membantu mengatasi gejala mual muntah yang sering dialami bumil di trimester pertama sehingga bisa membantu Bunda menjalankan ibadah puasa dengan lebih lancar.

Baca Juga : 4 Tips agar Kehamilan Sehat

Sumber:
www.prenataluniverse.com
www.babycentre.co.uk