Mengapa Anak Sering Sakit di Musim Pancaroba?

Perubahan kondisi cuaca di musim pancaroba dapat membuat anak mudah sakit. Ada beberapa faktor utama yang menyebabkannya. Hujan yang sering turun tiba-tiba di musim pancaroba, misalnya,  menyebabkan udara menjadi lebih dingin sehingga melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat anak menjadi lebih rentan terhadap infeksi.

Udara terik saat pancaroba juga dapat menyebabkan selaput lendir menjadi kering dan membuat kuman masuk ke tubuh dengan lebih mudah. Selaput lendir pada hidung memiliki fungsi untuk menghasilkan mukus (ingus) yang membantu memerangkap berbagai jenis kotoran dan bakteri yang masuk ke hidung.

Ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk melindungi diri anak agar tidak mudah jatuh sakit saat musim pancaroba:

Mandi dua kali

Pastikan anak mandi dua kali sehari untuk menangkal infeksi yang disebabkan oleh keringat. Jika anak keramas, pastikan rambutnya benar-benar kering sebelum dia beraktivitas agar tidak kedinginan.

Rajin cuci tangan

Sebagian besar infeksi ditularkan dari tangan ke mulut. Langkah pertama untuk menjaga kesehatan anak adalah mendorongnya untuk menjaga kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan memakai sabun secara berkala.

Perhatikan kecukupan cairan

Cairan memainkan peran penting dalam mekanisme tubuh untuk mengatasi perubahan cuaca. Minum air yang cukup, misalnya,  akan membantu anak membuang semua racun di dalam tubuhnya. Kecukupan cairan tubuh juga akan menjaga rongga hidung tetap lembap dengan mukus sehingga dapat menjalankan perannya untuk menghalangi kuman masuk.

Batasi junk food

Junk food bisa membuat anak kenyang namun tidak memberikan nilai gizi apa pun. Kebiasaan makan tak sehat ini juga akan membuat anak enggan makan makanan sehat. Bunda bisa membuat aturan terkait hal ini. Contoh, anak boleh makan junk food hanya jika telah menghabiskan jatah buah atau sayurannya untuk hari itu. Makan banyak buah dan sayuran segar akan membantu sistem kekebalan tubuh anak menjadi lebih kuat.

Artikel Lainnya: Ini Tanda Anak Tidak Cocok Susu Sapi

Berikan vidoran Smart imunUp

Di musim pancaroba ini, vidoran Smart imunUp dapat membantu meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh si Kecil. Keistimewaan vitamin ini berada pada kandungan Echinacea. Dalam laman Healthline dijelaskan, tanaman Echinacea, menurut sejumlah penelitian, memiliki khasiat dalam membantu sistem kekebalan melawan infeksi virus dan mempercepat pemulihan dari sakit. 

vidoran Smart imunUp juga mengandung Vitamin C (Buffered). Ini merupakan kombinasi 2 bentuk Vitamin C sehingga membantu mengurangi tingkat keasaman Vitamin C.  

Kombinasi Echinacea dan vitamin C dalam vidoran Smart imunUp dapat

memelihara daya tahan tubuh sehingga  membantu menjaga kesehatan anak di musim pancaroba!

Sumber:

www.parentcircle.com