Ini Tanda Anak Tidak Cocok Susu Sapi

Bunda, apakah si Kecil setelah minum susu sapi mengalami ruam merah di tubuh, bengkak di bibir, atau sakit perut setelah minum susu sapi? Bila ya, ada kemungkinan dia tidak cocok minum susu sapi.  Ketidakcocokan ini bisa disebabkan alergi protein susu sapi atau si Kecil menderita intoleransi laktosa. Ini adalah dua hal yang berbeda.

Pada kondisi alergi susu sapi, sistem kekebalan tubuh si Kecil bereaksi tidak normal terhadap kandungan protein yang ada di dalam susu sapi. Gejala-gejala yang muncul bisa dalam beberapa menit setelah minum susu sapi atau beberapa jam, bahkan beberapa hari kemudian.  Tanda-tanda alergi susu sapi bisa berupa:

  • Reaksi pada kulit, seperti ruam merah atau bengkak pada bibir, wajah, dan sekitar mata.
  • Masalah pencernaan, seperti sakit perut, muntah, kolik, diare atau sembelit.
  • Eksim yang tidak membaik meski sudah diobati.
  • Pilek, hidung tersumbat, atau demam.
  • Batuk dan sesak napas.

Sementara intoleransi laktosa adalah kondisi ketika tubuh si Kecil tidak dapat mencerna laktosa. Laktosa merupakan jenis gula alami yang ditemukan di dalam susu sapi dan produk yang dibuat dari olahan susu sapi.  Berbeda dengan alergi susu sapi yang gejalanya dapat muncul di seluruh bagian tubuh, intoleransi laktosa hanya menimbulkan gejala di saluran pencernaan, seperti perut kembung, sering buang angin, hingga diare

Jika Bunda merasa si Kecil tidak cocok minum susu sapi, konsultasikan hal ini pada dokter.  Dokter akan dapat menilai apakah gejala yang dialami si Kecil disebabkan oleh alergi susu sapi atau intoleransi laktosa atau yang lainnya.

Bila si Kecil memang tidak cocok susu sapi Bunda bisa mengganti susunya dengan yang bukan terbuat dari susu sapi, seperti vidoran Xmart Soya 1+ agar kecukupan gizi anak tetap terpenuhi

vidoran Xmart Soya 1+  merupakan formula soya yang terbuat dari Isolat Protein Soya dan Bebas Laktosa sehingga nyaman bagi pencernaan si Kecil yang tidak cocok susu sapi.  Tidak hanya itu, vidoran Xmart Soya 1+ dilengkapi formula imunUp dengan Cod Liver Oil, tinggi vitamin C, D3, Zink, Omega 3 & 6, dan vitamin mineral lainnya sehingga Bunda tidak perlu mengkhawatirkan lagi gizi si Kecil. vidoran Xmart Soya 1+ memiliki nutrisi sebaik susu sapi dan dapat membantu meningkatkan daya tahan, perkembangan otak, dan tumbuh kembang si Kecil secara optimal.

Baca Juga: Mudah Diterapkan Tips Anak Cerdas Maksimal, Tinggi Optimal