Sarapan untuk Bumil yang Mual Muntah

Setidaknya 70% bumil mengalami mual muntah di trimester pertama.  Penyebabnya diyakini terkait perubahan hormonal, fluktuasi gula darah, dan perubahan metabolisme pada kehamilan. Biasanya mual muntah dimulai di usia 4 minggu hingga 6 minggu kehamilan dan membaik pada minggu ke 14.

Penting dicatat bahwa mual muntah adalah bagian normal dari kehamilan. Namun bagi beberapa bumil, gejala tidak nyaman ini bisa membuatnya tidak dapat menjaga pola makan sehat, terutama mendapat sarapan padahal sarapan penting dalam masa kehamilan.

Penelitian menunjukkan melewatkan sarapan dapat menyebabkan bumil jadi kurang aktif. Salah satu fungsi sarapan adalah memberi dorongan energi setelah perut kosong sepanjang malam. Menikmati sarapan segera setelah bumil bangun tidur juga diyakini bisa meningkatkan kadar gula darah dan membantu meringankan gejala mual muntah yang muncul.

Jika bumil merasa sulit untuk makan di pagi hari, mulailah dengan porsi kecil dan pilihlah sarapan ringan dan sederhana seperti contoh di bawah ini:

 

Pisang

Pisang adalah sarapan praktis dan sederhana dan umumnya bisa diterima oleh bumil yang sedang mual muntah karena rasanya yang cenderung hambar. Pisang juga kaya vitamin B6 yang dapat membantu mengurangi rasa mual dan muntah.

 

Baca Juga: 5 Camilan Sehat untuk Ibu Hamil

 

Orak-arik telur dengan bagel gandum

Cobalah telur orak-arik dengan tomat panggang dan bagel gandum. Pilihan ini baik untuk sarapan bumil karena kaya nutrisi. Telur kaya akan protein, sementara bagel gandum  adalah sumber karbohidrat kompleks dan tinggi serat, sehingga membantu bumil kenyang lebih lama. Tomat panggang dapat memberi rasa segar dan mengurangi rasa mual bumil.

 

Smoothie

Makanan/minuman dingin umumnya dapat mengurangi rasa mual karena itulah smoothie bisa menjadi pilihan favorit bumil. Simpan buah (seperti stroberi, pisang) dan sayuran (bayam) yang sudah dipotong kecil di dalam freezer sehingga  di pagi hari tinggal ditambahkan segelas susu vidoran Ibunda dan diblender. Smoothie kaya vitamin dan mineral serta mudah dicerna oleh bumil yang sedang mengalami mual muntah.

 

Roti panggang dan segelas susu vidoran Ibunda

Roti mengandung karbohidrat untuk menjaga tingkat energi bumil dan mudah dinikmati. Bila bumil suka bisa ditambahkan dengan selai jangan lupa lengkapi dengan segelas susu vidoran ibunda.

 

Susu vidoran Ibunda bisa menjadi alternatif terbaik untuk sarapan karena dapat membantu memberi bumil bekal energi untuk beraktivitas. vidoran Ibunda merupakan susu Ibu Hamil Pertama dengan Formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil, Vitamin C, D3, E, Zink, Omega 3&6, Tinggi Kalsium, Protein, Zat Besi, Asam Folat, serta Inulin

Dengan kandungan Cod Liver Oil yang mengandung Omega 3 (DHA & EPA) serta tinggi akan vitamin A & D alami, susu vidoran Ibunda  juga dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang jaringan saraf otak janin, retina mata janin, pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh janin. Dengan minum susu vidoran Ibunda, Bu akan merasa lebih berenergi meski mengalami mual muntah.

 

Artikel Lainnya: Salah Kaprah Tentang Pertumbuhan Tinggi Anak

 

Sumber:

www.whattoexpect.com

www.themotherbabycenter.org