4 Penyebab Alergi pada Anak 2 tahun

Apakah si Kecil punya alergi makanan, Bun? Sebagian besar alergi makanan pada anak, reaksinya ringan, tetapi bisa tidak nyaman, seperti si Kecil jadi mengalami gatal-gatal, bersin, hidung tersumbat, atau mata merah. Ketika si Kecil memiliki alergi makanan, tubuhnya mengira makanan yang tidak berbahaya sebagai sesuatu yang bisa membahayakan tubuhnya. Sistem kekebalan tubuh si Kecil pun merespons untuk melindunginya dan menimbulkan reaksi, seperti ruam kulit, mata gatal, dan sebagainya tadi. Cara terbaik mengatasi alergi makanan adalah dengan menghindari makanan pemicu.

Baca juga : Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil yang Alergi Susu Sapi

Hampir semua makanan dapat memicu reaksi alergi, namun ada beberapa makanan yang sering menjadi penyebab alergi pada anak di bawah usia dua tahun. Berikut 4 diantaranya, seperti yang dikutip dari laman Food Allergy:

Telur
Alergi telur ayam adalah salah satu alergi makanan yang paling umum pada bayi dan anak kecil, tetapi kurang umum pada anak yang lebih tua dan orang dewasa. Dijelaskan pada laman Food Allergy, sebagian besar anak bisa mengatasi alergi mereka terhadap telur pada usia 6 tahun (sekitar 71%), meskipun beberapa anak tetap menderita alergi terhadap telur seumur hidup mereka.

Kacang
Alergi kacang pohon (seperti almond, kacang mete, pistachio, walnut) merupakan alergi makanan yang juga umum pada anak-anak. Alergi kacang biasanya terjadi seumur hidup, hanya sekitar 20 persen anak-anak dengan alergi kacang yang sembuh.

Kacang tanah
Kacang tanah tidak sama dengan kacang pohon. Kacang tanah tumbuh di bawah tanah dan merupakan bagian dari keluarga tumbuhan yang berbeda. Contoh dari kacang tanah adalah  kacang polong dan lentil. Menderita alergi kacang tanah tidak berarti alergi terhadap kacang-kacangan lain, namun sekitar 40% anak-anak dengan alergi kacang pohon memiliki alergi terhadap kacang tanah.

Alergi susu sapi
Alergi susu merupakan alergi yang umum terjadi pada bayi dan anak kecil. Karena susu adalah minuman kaya nutrisi, maka untuk anak-anak yang menderita alergi susu sapi, Bunda sebaiknya memberi susu pengganti,  seperti vidoran Xmart Soya 1+.

vidoran Xmart Soya 1+ terbuat dari Isolat Protein Soya dari kedelai pilihan terbaik Amerika dan bebas laktosa sehingga nyaman untuk pencernaan si Kecil yang tidak cocok minum susu sapi Selain itu masih banyak keunggulan vidoran Xmart Soya 1+, seperti:

  • vidoran Xmart Soya 1+ mengandung formula imunUp yang diperkaya dengan Cod Liver Oil, vitamin C, vitamin D3, vitamin E, dan Zink, merupakan vitamin dan mineral penting untuk mendukung daya tahan tubuh si Kecil
  • vidoran Xmart Soya 1+ mengandung Omega 3 & 6 untuk perkembangan otak si Kecil, serta merupakan asam lemak essensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil.

Sumber:
https://www.foodallergy.org