Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil yang Alergi Susu Sapi

Alergi susu sapi adalah salah satu kondisi kesehatan yang umum terjadi pada anak-anak. Ketika si Kecil memiliki alergi, ia harus menjalani diet bebas alergi. Pada kasus anak yang alergi susu sapi, anak tidak boleh mengonsumsi makanan atau produk apa pun yang mengandung protein susu sapi.  

Untuk itu Bunda perlu membaca label pada kemasan produk makanan apa pun sebelum membelinya untuk si Kecil.  Dalam Stanford Childrens dijelaskan, Bunda perlu memerhatikan beberapa istilah, seperti "non-dairy" dan “lactose-free” pada label produk. Istilah non-diary berarti tidak mengandung mentega, krim, atau susu, tetapi produk mungkin memiliki bahan lain yang mengandung susu. Begitu juga lactose-free atau "bebas laktosa" pada label produk tidak berarti bebas susu. Karena itulah, Bunda perlu membaca seluruh label dengan saksama untuk memastikan. 

Hal lainnya, Bunda bisa membantu mengendalikan alergi anak dengan membantu mempertahankan sistem kekebalan yang kuat. Berikut beberapa kebiasaan sehat yang dapat bermanfaat untuk kekebalan tubuh si Kecil:

Sajikan lebih banyak buah dan sayuran

Buah dan sayur mengandung karotenoid yang merupakan fitonutrien yang bisa meningkatkan kekebalan. Fitonutrien dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi dalam melawan infeksi. Studi menunjukkan bahwa diet kaya fitonutrien juga dapat melindungi anak terhadap penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung, di masa dewasa. Cobalah untuk membuat anak makan lima porsi buah dan sayuran per hari.

Perhatikan kecukupan tidur

Menurut penelitian anak yang tidak cukup tidur, tiga kali lebih mungkin untuk jatuh sakit.  Sebagian besar anak  usia 1 hingga 2 tahun membutuhkan waktu tidur 11 hingga 14 jam sehari. Sementara anak usia 3 hingga 5 tahun membutuhkan 10 sampai 13 jam sehari. 

Berolahraga

Olahraga telah terbukti meningkatkan kemampuan sel-sel tubuh untuk melawan penyakit. Karena itu mendorong anak untuk aktif sejak usia dini akan membantu menjaga mereka tetap sehat. Rekomendasi National Health Service (NHS), anak balita harus aktif setidaknya 180 menit setiap hari. 

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Sistem Kekebalan Tubuh pada Golden Age Anak

 

Pastikan mendapatkan imunisasi

Imunisasi akan melindungi si Kecil dari penyakit-penyakit berbahaya, seperti Tuberkulosis, Difteri, Pertusis, Campak, Polio, Tetanus serta Hepatitis B. Dengan imunisasi kekebalan si Kecil terhadap suatu penyakit akan meningkat sehingga saat menderita penyakit tersebut, ia hanya mengalami sakit ringan.

Cari susu pengganti

Susu merupakan minuman bergizi untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak.  Untuk itu, jika si Kecil menderita alergi susu sapi, Bunda perlu mencari susu pengganti, seperti vidoran Xmart Soya 1+Susu ini terbuat dari Isolat Protein Soya dari biji kedelai pilihan terbaik Amerika dan bebas laktosa sehingga dapat lebih nyaman bagi pencernaan Si Kecil.  

vidoran Xmart Soya 1+ mengandung formula imunUp yang diperkaya dengan COD Liver Oil, Tinggi Vitamin C, D3, Vitamin E dan Zinc, Omega 3&6 sehingga dapat mendukung daya tahan dan juga memenuhi asupan nutrisi si Kecil yang alergi susu sapi.

Artikel Lainnya: 4 Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak Mudah Diterapkan

Sumber:

https://www.stanfordchildrens.org

https://www.parents.com