Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak yang Tak Giat Belajar

Apakah si Kecil tidak giat belajar? Sabar, ya Bun dan tak perlu melabeli bahwa dia adalah anak  malas. Anak yang sulit diminta untuk belajar biasanya bukan karena malas, namun karena kurangnya motivasi. Banyak penyebab anak tidak termotivasi untuk belajar. Contoh, karena dia kurang memahami materi tugas-tugasnya atau karena PR dari sekolah terlalu banyak sehingga anak kewalahan dan tidak tahu harus mulai dari mana. 

Masalah-masalah ini bisa tampak sederhana bagi orang dewasa, namun tidak untuk anak-anak. Contoh, jumlah PR yang terlalu banyak, bagi orang dewasa solusinya mudah, yakni tinggal mencicil mengerjakan PR tersebut. Namun anak-anak belum memiliki kemampuan memecahkan masalah seperti ini. Untuk itu, Bunda perlu mengetahui penyebab anak tidak giat belajar dan membantu menyelesaikan hambatan belajarnya. 

Tugas Bunda lainnya adalah memotivasi anak. Nah, berikut tips memotivasi anak agar giat belajar sehingga dapat meningkatkan kecerdasannya:

Buat rencana belajar bersama
Duduklah bersama anak dan buat rencana untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya. Libatkan anak dalam proses ini sehingga ia akan lebih mematuhi rencana tersebut. Rencana belajar harus mencakup:

  • Jam berapa PR harus dikerjakan setiap hari
  • Berapa banyak waktu yang harus dihabiskan untuk mengerjakan PR
  • Seberapa sering anak bisa istirahat dan berapa lama
  • Tugas apa yang harus diprioritaskan (Contoh, tugas yang paling mendekati dead line-nya)

Beri reward
Reward setelah waktu belajar selesai adalah kunci membuat anak termotivasi. Hadiahnya bisa sederhana, seperti bermain game, menonton film kesukaan anak, dan lain sebagainya. 

Beri anak waktu istirahat
Pastikan anak memiliki cukup waktu untuk beristirahat saat belajar karena otak perlu istirahat. Penelitian menunjukkan bahwa istirahat dari belajar setiap 90 menit dapat meningkatkan kemampuan otak untuk lebih fokus.

Beri dukungan nutrisi
Anak yang lapar tidak akan fokus belajar. Beri anak camilan dan segelas susu vidoran Xmart 5+ sebelum mulai belajar.  Susu vidoran Xmart 5+ adalah minuman sehat dan praktis untuk bekal energi selama anak belajar dan bisa membantu menambah konsentrasinya. Susu vidoran Xmart 5+ kini dengan formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil, tinggi Vitamin C, D3, E, Zinc, DHA (Omega 3&6), Tinggi Kalsium, Zat Besi, Protein, dan vitamin B kompleks, untuk  proses belajar dan tumbuh tinggi si kecil. vidoran Xmart, dukung si kecil cerdas maksimal, tinggi optimal.

Selamat memotivasi anak, ya Bun!