Pilihan Snack Simple dan Sehat untuk Si Kecil Selama Perjalanan Mudik

Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari! Apakah Bunda merencanakan mudik bersama keluarga di Lebaran tahun ini? Mudik jadi momen yang sangat dinanti karena kita kembali dapat bertemu dengan orang-orang tersayang di kampung halaman.

Oleh karenanya, jangan lupa untuk mempersiapkan segala kebutuhan mudik dengan baik agar tidak ada yang tertinggal, termasuk perlengkapan dan konsumsi yang dibutuhkan selama di perjalanan.

Selama mudik, baik melalui perjalanan darat, laut, maupun udara, pastikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil dengan baik ya, Bunda. Bawalah makanan dan minuman bergizi, termasuk snack sehat untuk anak agar mereka tidak jatuh sakit saat perjalanan jauh.

Untuk menemani perjalanan mudik keluarga, yuk simak beberapa rekomendasi menu snack simple sehat buat Si Kecil berikut ini!

1. Buah-buahan dan Sayur

Snack buah dan sayur begitu menyehatkan karena kaya nutrisi. Buah akan menjadi sumber vitamin C yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh buah hati, sedangkan sayur akan mencukupi kebutuhan vitamin, protein, dan serat.

Bawa potongan apel dan wortel rebus dalam tempat makan kecil sehingga praktis dibawa. Mengutip Healthline, buah apel mengandung pektin yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Namun agar tampilannya lebih menarik sehingga Si Kecil semangat makan, potong buah dan sayur lebih menarik, seperti buah apel dibentuk telinga kelinci dan wortel membentuk stick serta saus kacang sebagai penambah rasa.

2. Keju Slice

Memenuhi kebutuhan protein, kalsium, dan lemak, bawa keju slice dalam bawaan mudik. Keju slice praktis dibawa dan tidak akan mengotori kendaraan saat dimakan di jalan, baik dalam mobil, pesawat, kereta, ataupun moda transportasi lainnya. Keju slice juga bisa mengganjal perut sebelum waktu makan siang sekaligus beri energi.

3. Crackers

Pilihan makanan ringan praktis untuk mudik selanjutnya adalah crackers. Bawa crackers mengandung gandum utuh sebagai sumber serat. Melansir laman Kinder Care, camilan lezat untuk buah hati ini juga dapat menahan rasa lapar sekaligus beri energi.

Baca Juga: Pahami Aturan Snack Time Untuk Anak

4. Air Putih

Tak boleh terlewatkan adalah air putih. Air putih wajib dibawa untuk mencegah Si Kecil dehidrasi. Berdasarkan Harvard T.H Chan School of Public Health, kebutuhan air untuk anak usia 4-8 tahun butuh 5 gelas atau sekitar 1.18 liter, sedangkan usia 9-13 tahun butuh 7-8 gelas atau sekitar 2 liter.

5. Susu

Walaupun belum memasuki jam makan siang, manfaatkan snack time untuk penuhi kebutuhan gizi harian anak dengan cara minum susu. Nggak perlu repot bawa susu formula yang harus dibuat dalam gelas, susu UHT dalam kemasan bisa Bunda bawa untuk menjaga kesehatan anak saat mudik.

Sebagai rekomendasinya, Bunda bisa memberikan vidoran Xmart UHT. vidoran Xmart UHT cocok dikonsumsi anak-anak usia 2 tahun ke atas karena kandungan nutrisinya sudah lengkap. Susu untuk kecerdasan anak ini mengandung DHA, kalsium, formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil, serta berbagai vitamin, mulai dari Vitamin C, Vitamin D3, Vitamin E, sampai Vitamin B Kompleks.

Susu vidoran Xmart UHT punya rasa enak walaupun rendah gula sehingga rutin mengkonsumsinya akan menguatkan daya tahan tubuh Si Kecil sekaligus mengoptimalkan pertumbuhannya.

Artikel Lainnya: 5 Tanda Bumil Alami Stres

Sumber:

https://www.kindercare.com/content-hub/articles/2017/march/car-snacks-a-survival-guide

https://www.healthline.com/nutrition/healthy-snacks-for-kids#crackers-and-nut-butter

https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/water/