Puasa Tetap Lancar, 5 Tips Praktis Jaga Kesehatan Anak Buat Bunda selama Bulan Ramadan

Bulan Ramadan bukan jadi alasan untuk malas berkegiatan. Faktanya, aktivitas sehari-hari tetap berjalan seperti biasanya, mulai dari bekerja, mengurus keperluan keluarga, hingga merawat anak.

Bunda yang tetap disibukkan dengan aktivitas sehari-hari harus mencari cara agar puasa tetap lancar sembari beraktivitas. Melakukan kegiatan dengan cara praktis akan efisien waktu pun bisa jadi solusi agar Bunda punya waktu untuk istirahat. 

Di sisi lain, perihal jaga kesehatan anak tak boleh lengah agar tidak sakit di hari-H Lebaran. Bisa bayangkan anak sakit menjelang Hari Raya Idulfitri? Tentu persiapan sambut Hari Raya serta mudik akan semakin menyibukkan Bunda.

Nah oleh sebab itu, Bunda perlu siap siaga jaga kesehatan anak selama bulan puasa. Terlebih anak usia 5 tahun ke atas yang sedang aktif-aktifnya sehingga rentan sakit. Tenang saja, ada langkah yang mudah diikuti kok, Bun! Simak tips parenting berikut ini ya.


1. Buat Meal Plan Setiap Minggu

Mengadopsi kebiasaan sehat perlu usaha. Namun, bukan berarti sulit dilakukan. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan buat rencana makan (meal plan) yang diatur setiap minggunya. 

Dengan menyusun meal plan misalnya setiap hari Minggu untuk seminggu ke depan, Bunda bisa memastikan setiap menu sesuai dengan kebutuhan nutrisi anak. Pastikan anak mengonsumsi makanan utuh mengandung serat, vitamin, mineral, protein, dan sebagainya serta makanan dan minuman rendah gula.


2. Sediakan Snack Sehat

Untuk mencukupi kebutuhan gizi Si Kecil, snack sehat wajib tersedia. Healthline mendaftar sederet snack sehat yang lezat sehingga anak-anak pasti akan suka, di antaranya adalah: 

? Yogurt, sumber protein dan kalsium, 

? Telur rebus, tinggi protein, vitamin & mineral, 

? Popcorn, sumber serat karena whole grain, 

? Keju, sumber protein dan kalsium,

? kacang-kacangan yang kaya lemak sehat, serat & antioksidan, serta 

? Buah-buahan, sumber serat dan vitamin A dan C


3. Tetap Lakukan Aktivitas Fisik

Saat berpuasa, terkadang seseorang jadi minim beraktivitas untuk mengurangi rasa haus dan lapar. Padahal, aktif bergerak tetap diperlukan untuk menjaga kesehatan. National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases memberi tips bagi para orang tua agar anak bisa mandiri jaga kesehatannya dengan cara membangun kebiasaan. Salah satu yang disarankan adalah jadi contoh (role model) bagi anak, termasuk untuk melakukan aktivitas fisik. 

Tunjukkan pada anak bahwa beraktivitas fisik adalah hal menyenangkan. Bunda bisa ajak anak untuk olahraga sederhana seperti jalan kaki atau bersepeda daripada menonton televisi.


4. Banyak Minum Air Putih

Setelah berpuasa seharian dan melakukan aktivitas, jangan lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Jangan biarkan tubuh dehidrasi dengan cara minum air putih. Mengutip laman Harvard T.H Chan School of Public Health, anak usia 4-8 tahun butuh 5 gelas (1,18 liter), usia 9-13 tahun butuh 7-8 gelas (sekitar 2 liter), dan Bunda butuh 9 gelas per hari (sekitar 2,1 liter).


5. Minum Susu yang Lengkapi Kebutuhan Nutrisi

Tak kalah penting adalah minum susu. Susu akan mencukupi kebutuhan nutrisi anak yang belum terpenuhi lewat makanan. Dengan minum susu, Bunda tak perlu repot nutrisi harian apa yang belum terpenuhi dan memilih makanan apa yang bisa mencukupinya. 

Susu yang sudah diperkaya dengan nutrisi penting untuk anak usia 5 tahun ke atas itu tersedia dalam vidoran Xmart 5+ dan susu vidoran Xmart UHT sebagai opsi praktis dengan komposisi lengkap, Bunda. 

Untuk menjaga daya tahan tubuh anak, susu vidoran Xmart 5+ dilengkapi formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil, kaya vitamin C, D3, vitamin E, vitamin B kompleks, & Zinc. Susu ini juga tinggi DHA, Protein, Kalsium, dan Zat Besi sehingga tidak hanya menjaga imunitas tubuh Si Kecil, tapi juga mengoptimalkan kecerdasan anak dan tumbuh kembangnya.


Artikel lainnya: Selain Enak, Ini Alasan Kenapa Susu Punya Manfaat Baik untuk Anak


Sumber:

  • https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/water/
  • https://www.healthline.com/nutrition/healthy-snacks-for-kids#crackers-and-nut-butter
  • https://www.niddk.nih.gov/health-information/weight-management/healthy-eating-physical-activity-for-life/helping-your-child-tips-for-parents