Bumil Jangan Lupakan 4 Hal Ini agar Kehamilan Sehat dan Si Kecil Cerdas

Pilihan sederhana yang bumil lakukan setiap hari dapat mendorong perubahan besar untuk kesehatan, kecerdasan, dan tumbuh kembang janin. Sekadar berolahraga jalan kaki, misalnya bisa meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke rahim sehingga membantu mengoptimalkan perkembangan janin.

Penelitian terbaru juga menunjukkan olahraga selama kehamilan dapat meningkatkan neuron di hipokampus janin (bagian pembelajaran dan memori otak) sebesar 40% sehingga janin sudah mendapat modal kecerdasan yang bisa dikembangkan kelak.

Masih ada beberapa pilihan sederhana lainnya yang bisa bumil lakukan untuk membuat si Kecil sehat, cerdas, dan tumbuh kembangnya optimal, berikut di antaranya:

Ajak janin bicara

Sejak kehamilan usia 18-24 minggu,  janin mulai mendengar dan bahkan merespons suara. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa dapat dimulai di dalam rahim. Jadi bumil bisa mengajak bayi mengobrol atau membacakannya cerita. Menurut para ilmuwan, janin belajar mengenali dan mengingat suara selama kehamilan. Ini berarti percakapan yang Bunda lakukan dengan janin sejak trimester kedua kehamilan telah menjadi dasar untuk perkembangan sosial dan emosional serta kemampuan berbahasa dan memori si Kecil.

Kelola stres

Stres dapat membahayakan perkembangan otak janin dan menurut beberapa peneliti, juga menyebabkan kelahiran prematur. Jadi, penting bagi bumil untuk menghindari stres dan tetap tenang selama masa kehamilan. Mohon diingat, semakin lama janin berada di dalam kandungan, semakin banyak waktu yang dimiliki otaknya untuk berkembang dengan baik.

Makan Telur

Makan telur selama kehamilan dapat membantu bayi menjadi pembelajar yang lebih cepat dengan ingatan yang lebih baik. Kolin yang ada pada kuning telur menurut penelitian dapat mengubah struktur sel otak dan meningkatkan jumlah neuron 20-25% lebih banyak di area otak yang penting untuk belajar. Ini artinya sel otak janin memiliki kapasitas lebih besar untuk menerima pembelajaran kelak.

Minum susu yang kaya omega-3

Asam lemak omega 3 sangat penting untuk perkembangan otak janin. Pastikan bumil memasukkan makanan kaya omega 3, seperti ikan kod, kacang kedelai, edamame, dan lainnya.  Jika bumil khawatir pola makannya belum cukup baik, susu vidoran Ibunda dapat membantu memenuhi kebutuhan omega-3 bumil.  

Susu vidoran Ibunda merupakan susu Ibu Hamil Pertama yang diperkaya Cod Liver Oil atau minyak hati ikan kod.  Cod Liver Oil mengandung Omega 3 (DHA & EPA) serta tinggi akan vitamin A & D alami yang dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang jaringan saraf otak janin, retina mata janin, pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh janin, serta menjaga asupan nutrisi dan daya tahan tubuh Ibu selama masa kehamilan. Susu vidoran Ibunda juga mengandung berbagai vitamin, mineral, seperti kalsium, asam folat, dan asam linoleat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal.

Artikel Lainnya: 4 Cara Mengobati Diare Anak Alergi Susu Sapi

Sumber:

https://parenting.firstcry.com