4 Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak Mudah Diterapkan

Meningkatkan kecerdasan anak adalah seni unik, sebuah tantangan sekaligus kesempatan yang luar biasa karena masa kanak-kanak merupakan masa pertumbuhan emas di mana otaknya sedang berkembang pesat.  

Dijelaskan dalam Psycology Today,  anak yang cerdas dimulai dari orang tua yang penuh cinta, dapat diandalkan, dan hangat. Anak-anak juga akan sering bertanya “mengapa” sehingga untuk menjadi cerdas mereka membutuhkan orang tua yang mau dengan sabar mendengarkan pertanyaan dan menjawab keingintahuan mereka.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak 

Masih ada beberapa cara lain untuk meningkatkan kecerdasan anak, berikut 4 diantaranya:  

Ajak anak mencari solusi masalahnya

Ketika anak memiliki masalah, jangan langsung membantu untuk menyelesaikan masalah itu. Dorong anak untuk fokus mencari solusi masalah tersebut dengan kreatif.  Cara ini akan merangsang otak anak dan mengajarkan bahwa mereka mampu mengatasi sendiri rintangannya. 

 

Ajarkan cara mengelola emosi

Banyak ahli percaya bahwa kemampuan mengelola emosi jauh lebih berperan dalam keberhasilan anak kelak dari pada nilai IQ. Untuk itu, ajari anak teknik mengelola emosi, terutama cara mengendalikan kemarahannya.  Contoh, ketimbang membanting mainannya saat ia kesal, ajarkan untuk menarik napas dalam-dalam dan mengeluarkan perasaannya melalui kata-kata “Aku sebel karena mainanku rusak!”  Cara ini melatih anak untuk tidak agresif dan menyalurkan emosi dengan lebih sehat.

Baca Juga: Sudah Terbukti 4 Hal ini Dapat Meningkatkan Kecerdasan Anak

 

Jelaskan tindakannya, bukan orangnya

Contoh, ketika si Kecil memukul adiknya, jangan panggil dia "anak nakal".  Katakan dengan jelas: “Berhenti memukul Adik karena sakit”. Aturan ini juga berlaku untuk pujian, jangan panggil si Kecil sebagai “anak pintar”,  namun tekankan tindakan terpujinya: "Kakak pintar karena enggak  memukul balik Anton." Kata-kata seperti ini akan membantu otak anak untuk mengenali konsep baik dan buruk. 

Diet Tinggi Asam Lemak

Kecerdasan juga terkait erat dengan nutrisi. Sebuah studi Universitas New York yang mengevaluasi hal-hal yang dapat meningkatkan kecerdasan, menyimpulkan bahwa diet tinggi asam lemak adalah salah satunya. Penelitian menunjukkan bahwa ketika ibu hamil dan ibu menyusui mendapatkan lebih dari 1.000 mg DHA sehari, IQ anak bisa meningkat lebih dari 3,5 poin. Anak -anak balita yang menerima suplemen DHA selama tiga bulan juga terbukti memiliki 6,5 poin IQ lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak mendapatkan suplemen.  

Ikan berlemak seperti ikan kod adalah sumber yang baik untuk asam lemak omega 3 DHA dan EPA.  Keduanya penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak.  Susu vidoran Xmart 3+ mengandung Minyak Hati Ikan Kod yang kaya akan  Omega 3 (DHA & EPA), Vitamin A dan D alami untuk mengoptimalkan perkembangan otak si Kecil.   

 

Susu vidoran Xmart 3+ kini dengan formula imunUp   untuk memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan oleh anak sesuai dengan tahapan usianya.  Formula imunUp dalam susu vidoran Xmart 3+ diperkaya Cod Liver Oil dan nutrisi lainnya, seperti:  tinggi Vitamin C, D3, E, Zinc, Omega 3&6, Tinggi Kalsium, Zat Besi, Protein, dan inulin, untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga mendukung  tumbuh kembang anak agar optimal di periode emasnya.

Selamat menerapkan 4 cara meningkatkan kecerdasan anak ini, ya Bun!

Artikel Lainnya: Bagaimana Cara Mengatasi Alergi Makanan pada Anak?

Sumber:

https://www.womansday.com

https://www.cnbc.com