Berikan Susu Terbaik untuk Anak agar Tetap Kuat Puasa

Meski ibadah puasa baru diwajibkan bagi anak-anak yang sudah masuk pubertas, namun banyak Ibu yang mulai mengajarkan ibadah puasa pada anak usia 6-7 tahun. Nah, apakah si Kecil juga mulai berpuasa Ramadan tahun ini Bunda?

Sebelum mengajarkan si kecil berpuasa, ada beberapa hal yang harus Bunda pastikan agar si kecil siap menjalani puasanya pertamanya. Pastikan si kecil menjalakan puasa yang sehat dengan pemberian nutrisi yang tepat dan kecukupan cairan pada saat sahur dan berbuka. Bagaimana cara memenuhinya? Berikut tipsnya:

Tips nutrisi sehat saat berpuasa

  • Sajikan sumber karbohidrat kompleks saat sahur
    Untuk makan sahur, pastikan memilih makanan yang dapat memberi anak nutrisi dan energi yang cukup guna membantunya menahan rasa lapar sepanjang hari. Pilihlah makanan sumber karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, pasta, sereal gandum, dan sebagainya. Lengkapi dengan segelas susu vidoran Xmart 5+ atau vidoran Xmart UHT. Susu vidoran Xmart 5+ dan vidoran Xmart UHT merupakan susu bergizi lengkap karena mengandung protein, karbohidrat, kalsium, vitamin dan mineral yang bisa membantu memberi anak bekal energi untuk berpuasa sepanjang hari.
  • Jangan lupakan olahan sup
    Untuk makanan berbuka, olahan sup bisa juga menjadi alternatif.  Olahan sup dengan berbagai macam sayuran, dilengkapi dengan daging dan ayam mengandung banyak gizi dan sumber protein yang menyehatkan untuk anak sekaligus membantu menghidrasi tubuhnya.
  • Konsumsi banyak buah
    Buah-buahan, seperti semangka, jeruk, , anggur, mangga, dan nanas, kaya vitamin serta mineral. Saat berbuka puasa, buah-buahan dapat membuat anak merasa lebih segar dan meningkatkan level energinya.

Baca Juga : Dukung Daya Tahan Tubuh Si Kecil Selama Puasa dengan Minum Susu Terbaik untuk Anak

Tips memenuhi cairan tubuh saat anak berpuasa

  • Cukupi kebutuhan 8 gelas sehari
    Meski bulan puasa, penting bagi anak-anak untuk tetap minum setidaknya 8 gelas atau sekitar 2 liter sehari. Bunda dapat membaginya menjadi 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, dan 4 gelas saat malam hari sampai menjelang tidur. Kebutuhan cairan anak bisa dipenuhi dengan air putih, jus, susu, dan sebagainya.  Namun hindari minuman berkarbonasi karena dapat menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan.
  • Minum susu terbaik
    Pada bulan puasa, susu terbaik untuk anak, seperti vidoran Xmart 5+ dan vidoran Xmart UHT, menjadi minuman yang cocok untuk rehidrasi karena kandungan elektrolit, seperti natrium dan kalium yang ada di dalamnya.  Dilansir dari situs Healthline, sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa susu sebanding dengan cairan oralit dalam hal menjaga keseimbangan cairan.

Susu vidoran Xmart 5+ juga dapat membantu menghilangan rasa lelah yang dirasakan setelah berpuasa karena susu dapat cepat menggantikan natrium yang hilang saat berpuasa.  vidoran Xmart 5+ dan vidoran Xmart UHT mengandung formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil, Tinggi Kalsium,  Tinggi Vitamin C, D3, E, Zinc, DHA (Omega 3 & 6), Zat Besi, Protein dan Tinggi Vitamin B Kompleks yang berperan dalam mengisi ketidakseimbangan nutrisi dan membantu puasa anak menjadi lebih kuat.

Semoga ibadah puasa anak lancar ya, Bun!

Baca Juga : 

Sumber:
www.healthline.com
www.sciencedaily.com