5 Cara yang Bisa Dilakukan Bunda untuk Bantu Anak Berprestasi di Sekolah

Siapa sih orang tua yang nggak ingin anaknya berprestasi di sekolah? Setiap kesempatan di sekolah bisa mendorong anak untuk aktif belajar, nggak cuma dari segi akademik tapi juga non-akademiknya. 

Orang tua pun ikut punya andil besar dalam pembelajaran anak di sekolah. Dari sisi keterlibatan orang tua, misalnya. Bukan berarti Bunda harus ikut anak setiap hari ke sekolah, tapi ada cara-cara lain yang bisa Bunda lakukan di luar sekolah dan ternyata memengaruhi prestasi anak. Ini dia sederet cara yang disarankan ahli.


1. Lingkungan Rumah

National Education Association mendaftarkan empat cara yang bisa dilakukan Bunda untuk membantu anak berprestasi di sekolah. Tips pertama adalah buat lingkungan rumah yang mendukung produktivitas anak selama berkegiatan di rumah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat jadwal.

Bunda bisa mengajak anak mengikuti jadwal yang sudah disusun bersama, mulai dari jadwal makan, jadwal mengerjakan pr, jadwal bebenah, sampai jadwal tidur. 

Hal ini juga disetujui Maleka Allen, konselor sekolah di Oregon. Ia menjelaskan lebih lanjut kepada VeryWell Family, rutinitas mengerjakan pr di rumah pada area khusus tanpa distraksi––idealnya di luar kamar tidur––mendorong anak menyelesaikan prnya lebih baik dan membuatnya tidur lebih baik pula.


2. Ajak Anak Tunjukkan Apa yang Telah Dipelajari

Jangan biarkan apa yang dipelajari di sekolah dilupakan begitu saja. Di rumah, Bunda bisa meminta anak menunjukkan apa yang telah dipelajarinya dan mempraktikannya di kehidupan sehari-hari. Jika anak belajar tentang pengukuran di sekolah, minta anak untuk bantu mengukur––misal saat memasak, anak membantu mengukur berat bahan-bahan di timbangan dan sebagainya.


3. Beri Contoh pada Anak

Tak dipungkiri bahwa orang tua memang jadi panutan utama anak. Sebab itu, Bunda perlu memberi contoh terbaik buat si kecil, termasuk untuk membentuk kebiasaan belajar. Biarkan anak melihat Bunda membaca buku, menulis, dan menggunakan teknologi untuk memberi contoh.


Baca jugaKenali DHA dan EPA yang Bermanfaat untuk Tumbuh Kembang Anak


4. Terlibat di Sekolah

Keterlibatan orang tua di sekolah juga turut memberi “sinyal” bahwa Bunda peduli dengan pembelajaran anak. Jangan ragu untuk berbicara ke dewan sekolah terkait sumber daya yang dibutuhkan anak di sekolah.

Allen juga mengatakan berkomunikasi dengan guru anak di sekolah juga penting. Komunikasi orang tua dengan guru yang efektif terkait pembelajaran anak terbukti berperan penting dalam meningkatkan prestasi siswa di sekolah.


5. Lengkapi Kebutuhan Multivitamin

Mengutip laman Raising Children, anak usia 0-18 tahun sangat membutuhkan vitamin dan mineral, Bunda. Hal ini dikarenakan vitamin dan mineral esensial untuk pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan anak. Vitamin yang dibutuhkan tersebut termasuk vitamin A, B, C, D, E dan folat, serta mineral seperti kalsium, iodine, iron, dan zinc. 

Sebab itu, selain dari makanan sehat untuk penuhi kebutuhan vitamin tersebut, Bunda dapat memberi anak suplemen kesehatan vidoran Smart Vitamins yang akan penuhi kebutuhan multivitamin sekaligus memelihara daya tahan tubuh sang buah hati.

Kandungan vitamin esensial yang lengkap sudah terkandung dalam vidoran Smart Vitamins, Bunda. Ada buffered vitamin C dan Cod Liver Oil yang bermanfaat untuk meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh serta membantu pertumbuhan si kecil, dan juga vitamin B kompleks yang berperan dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak yang berguna bagi perkembangan anak.

Lebih dari itu, vidoran Smart Vitamins juga mampu mengoptimalkan perkembangan otak anak sehingga selama di sekolah, si kecil dapat belajar lebih baik. Hal ini dikarenakan vidoran Smart Vitamins diperkaya Omega 3, DHA, dan EPA yang mendukung kecerdasan anak dengan cara meningkatkan kemampuan belajarnya. Dengan begitu, meraih prestasi di sekolah tidak akan mustahil bagi si kecil.


Referensi

https://www.colorincolorado.org/article/twenty-ways-you-can-help-your-children-succeed-school  

https://www.nea.org/advocating-for-change/new-from-nea/four-tips-help-your-child-succeed-school

https://www.verywellfamily.com/how-to-help-your-kids-succeed-in-school-5181231