5 Tips Agar Anak Cerdas dan Bisa Langsung Dipraktikkan

Si Kecil memang perlu tumbuh menjadi anak cerdas, namun ia juga perlu berbahagia bukan? Nah, di bawah ini 5 tips agar anak cerdas dan bisa langsung dipraktikkan karena membantu anak menjadi lebih cerdas bisa dimulai dengan hal-hal sederhana.

  1. Anak Yang Bahagia, Siap Belajar

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa anak-anak yang bahagia lebih mau belajar, lebih ingin tahu, dan pada gilirannya lebih cerdas. Anak yang berbahagia, harus dimulai dari orang tua yang bahagia terlebih dulu. Orang tua yang berbahagia akan menghabiskan waktu berkualitas dengan anak. Ketika seorang anak bahagia, mereka jauh lebih terlibat dan tertarik pada pembelajaran mereka. Nah, ini satu dari 5 tips agar anak cerdas.

  1. Bacakan  Buku Cerita Bergambar

Buku cerita bergambar dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada anak. Ajak Si Kecil melihat gambar demi gambar saat Bunda membacakannya buku cerita. Pada saat berinteraksi dengan buku, anak akan masuk ke dalam pembelajaran aktif yang membuat imajinasinya melayang. Ini yang akan membuat anak lebih cerdas. Jadi bacakan Si Kecil buku sekitar 10 menit setiap hari ya, Bun. Itu tips kedua dari 5 tips agar anak cerdas.

  1. Lebih Sedikit Nonton

Tips ketiga dari 5 tips agar anak cerdas terkait dengan waktu nonton. Ada penelitian yang menunjukkan kalau bayi yang sering nonton video (meski itu tontonan edukatif) ternyata menjadi kurang mahir berbicara dibandingkan dengan mereka yang tidak banyak menonton.

  1. Jauhkan Ponsel

Usahakan untuk tidak memberikan ponsel Bunda hanya untuk membuat anak sibuk. Ponsel tidak akan membantu membuat anak lebih cerdas, bahkan bila game yang dimainkan adalah game edukatif.  Yang dibutuhkan balita adalah gerakan seluruh tubuh, bukan hanya jari jemarinya. Anak-anak pun belajar dengan mengamati dan berinteraksi dengan dunia nyata. Jika hanya sibuk bermain game di ponsel, anak akan kehilangan banyak waktu untuk melihat berbagai hal di lingkungannya, kucing, bunga mawar, kupu-kupu, dsb. Padahal dari situlah mereka akan belajar lebih banyak dan akhirnya membuatnya cerdas.

  1. Perhatikan nutrisi

Salah satu nutrisi yang kerap dikaitkan dengan kecerdasan anak adalah omega 3. Susu vidoran Xmart UHT merupakan susu pertumbuhan pertama yang diperkaya dengan Cod Liver Oil (minyak hati ikan kod). Minyak hati ikan kod mengandung asam lemak tak jenuh ganda omega 3 yang sangat diperlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Omega-3 juga dapat diperoleh dari ikan salmon, makarel sarden, dll. 

Nah 5 tips agar anak cerdas di atas bisa langsung dipraktikkan, bukan?