Simak 5 Tips untuk Membantu Anak Agar Tumbuh Tinggi dan Sehat!

Semua orang tua tentu menginginkan agar buah hatinya tumbuh sehat, kuat, serta tinggi yang ideal. Bukan tanpa alasan, hal tersebut kerap dianggap sebagai tanda bahwa si kecil memiliki kesehatan yang baik. 

Orang tua pun cenderung berusaha keras untuk memastikan bahwa anak-anak mereka tumbuh dengan sehat, dan tinggi badan mereka dianggap sebagai indikasi kondisi kesehatan mereka secara keseluruhan oleh sebagian besar masyarakat.

Berbicara mengenai tinggi badan anak, perlu diketahui bahwa gen menjadi salah satu faktor penting yang juga menentukan tinggi badan buah hati. Namun, tidak hanya berpengaruh pada gen saja, karena ada pula faktor asupan gizi serta gaya hidup yang mampu mendukung pertumbuhan anak, termasuk membantu anak agar tumbuh tinggi.


Berikut ada beberapa tips untuk membantu anak agar tumbuh tinggi dan sehat yang bisa Bunda lakukan.

Ajak Si Kecil Berjemur

Mengajak si kecil berjemur di bawah sinar matahari akan membantunya mendapatkan vitamin D. Jenis vitamin yang satu ini membantu pertumbuhan otot dan tulang yang akan membantu meningkatkan tinggi badan anak. Vitamin D juga membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan dan membantu memperkuat tulang si kecil.

Karena itu, Bunda bisa mengajak si kecil berjemur di bawah sinar matahari sesekali. Namun, pastikan untuk mengoleskan tabir surya di tubuh si kecil sebelum berjemur dan jangan berjemur di bawah sinar matahari yang terlalu menyengat.

Bunda bisa mengajak si kecil berjemur sekitar pukul 9 atau 10 pagi, dengan durasi sekitar 15 - 25 menit.


Berenang Bersama Si Kecil

Selain mengajak si kecil berjemur, Bunda juga bisa melakukan aktivitas fisik lainnya untuk mendukung si kecil tumbuh tinggi dan sehat dengan berenang.

Berenang merupakan tipe olahraga seluruh tubuh, artinya berenang melatih semua otot di tubuh dengan efek yang luar biasa. Berenang dapat membantu anak menghilangkan lemak berlebih, sehingga membuatnya lebih sehat secara keseluruhan. 

Latihan ini melibatkan banyak peregangan ke depan, yang memperkuat tulang belakang dan menjadi landasan bagi tubuh yang tinggi dan sehat. Bunda bisa menemani anak berenang selama 30 menit hingga 60 menit.


Mengatur Postur Tubuh

Mengatur postur tubuh si kecil menjadi tips lainnya yang bisa dilakukan orang tua untuk mendukung anak tumbuh sehat dan tinggi. Bunda pasti pernah memperhatikan apabila si kecil pernah duduk dengan posisi agak bungkuk, berdiri dengan posisi tidak tepat, dan lainnya.

Melansir dari Firstcry Parenting, sangat penting bagi anak-anak untuk membiasakan diri memiliki postur tubuh yang tepat. Membungkuk dapat memberikan tekanan yang tidak perlu pada tulang belakang yang dapat menimbulkan banyak dampak negatif pada tubuh.

Selain itu, postur tubuh yang buruk dapat mengubah bentuk tulang belakang anak, sehingga dapat mengganggu pertumbuhannya.

Pastikan si kecil mempraktikkan postur tubuh yang baik, tidak hanya untuk menambah tinggi badannya, tetapi juga untuk mencegah masalah kesehatan jangka panjang. Ingatkan anak untuk duduk dan berdiri tegak setiap kali Bunda melihatnya membungkuk.


Perhatikan Waktu Tidur

Selain faktor bahwa anak-anak membutuhkan istirahat yang cukup, waktu tidur juga memberikan pengaruh bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Melansir dari Firstcry Parenting, Bunda harus memastikan bahwa si kecil mendapatkan waktu tidur yang cukup selama 8 jam hampir setiap malam, agar ia menjadi lebih tinggi dan kuat. Pasalnya, hormon pertumbuhan pada anak, yaitu HGH hanya dikeluarkan saat anak tidur. Hal ini berperan langsung dalam membuat anak untuk bisa jadi lebih tinggi, sehingga waktu tidur sangat penting untuk diperhatikan.


Penuhi Asupan Gizi yang Dibutuhkan

Tips terakhir yang tak kalah penting, Bunda harus memenuhi asupan gizi untuk si kecil agar tumbuh tinggi dan sehat. Biasakan untuk membentuk pola makan seimbang yang mencakup protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin dalam proporsi tepat.

Jangan biasakan si kecil untuk mengonsumsi junk food atau makanan-makanan manis terlalu sering. Pola makan yang seimbang tidak hanya memberikan nutrisi yang tepat untuk menambah tinggi badan anak, tetapi juga akan membuatnya lebih kuat dalam segala hal.


Baca juga: Apa itu Buffered Vitamin C dan Manfaatnya untuk si Kecil


Selain itu, pastikan Bunda melengkapi kebutuhan gizi si kecil dengan memberikannya susu yang tepat yaitu susu vidoran Xmart 5+.

Produk susu ini merupakan susu yang diformulasikan khusus untuk melengkapi asupan gizi anak usia 5 tahun ke atas. Pada usia sekolah seperti ini, anak butuh asupan gizi yang cukup untuk pertumbuhan tinggi badan, kecerdasan, daya tahan serta tumbuh kembang optimal. 

Susu vidoran Xmart 5+ memiliki kandungan tinggi kalsium dan vitamin D3 yang sangat baik untuk pertumbuhan tinggi si kecil. Mengingat kalsium yang dapat membuat tubuh menjadi lebih tinggi dan kuat, serta vitamin D3 yang dapat membantu memperkuat tulang dan otot.

Selain itu, susu vidoran Xmart 5+ dilengkapi formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil dan tinggi DHA yang baik untuk kecerdasan anak.

Ada pun kandungan vitamin C, E, dan Zinc yang tinggi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, zat besi, protein, dan vitamin B kompleks untuk pertumbuhan tinggi serta tumbuh kembang maksimal. Sementara kandungan 1000 mg Inulin dalam vidoran Xmart 5+ baik untuk pencernaan sehat buah hati Bunda.

Vidoran Xmart juga tersedia dalam kemasan UHT dan merupakan satu-satunya UHT dengan DHA untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil di mana saja dan kapan saja. Tentunya susu vidoran Xmart UHT bisa menjadi pilihan lebih sehat karena kandungan gula lebih rendah, serta hadir dengan rasa yang lebih enak, seperti coklat dan stroberi.

Nah, itu dia beberapa tips untuk membantu anak agar tumbuh tinggi dan sehat. Bunda perlu memperhatikan tumbuh kembang si kecil setiap harinya, dan jangan lewatkan untuk mendukung asupan gizi anak dengan susu vidoran Xmart, ya!