Anak Sering Diare Karena Alergi? Ini Cara Mengatasinya

Si Kecil yang menderita alergi susu sapi bisa mengalami diare. Reaksi ini bisa muncul segera setelah anak minum susu sapi atau beberapa jam setelahnya. Saat si Kecil mengalami diare, penting untuk mencegah anak mengalami dehidrasi. Tawarkan si Kecil untuk banyak minum air putih yang diberi larutan oralit. Namun air putih saja tidak memiliki cukup natrium, kalium, dan nutrisi lain untuk merehidrasi anak. Selanjutnya, untuk mencegah reaksi yang tidak dinginkan terulang kembali, Bunda harus menghindari si Kecil minum susu sapi.

Lalu bagaimana memenuhi asupan nutrisi anak yang alergi susu sapi? Anak  yang dalam masa golden age memerlukan asupan gizi terbaik dan susu akan menyempurnakan asupan tersebut.  Susu terkenal sebagai minuman sehat bergizi  yang kaya vitamin dan mineral.

Jangan khawatir Bun, si Kecil bisa memperoleh berbagai zat gizi dari sumber makanan lain. Untuk itu, selalu dorong anak untuk makan makanan yang bervariasi dan bergizi seimbang. Contoh, untuk mendapatkan asupan kalsium yang biasa anak dapatkan dari susu sapi, si Kecil bisa mendapatkannya dari ikan sarden, sayuran berdaun hijau, tahu, kacang-kacangan, dan sebagainya.  Bunda juga bisa mengganti susu sapi dengan susu formula soya, vidoran Xmart Soya 1+. Kandungan kalsium dalam segelas vidoran Xmart Soya 1+ sama banyaknya dengan kandungan segelas kalsium yang ada pada susu sapi.

vidoran Xmart Soya 1+  merupakan susu bebas laktosa sehingga dapat lebih nyaman untuk pencernaan Si Kecil. Susu yang diperuntukkan anak usia 1-5 tahun ini memiliki berbagai keunggulan, seperti:

  • Dibuat dengan Isolat Protein Soya Pilihan Terbaik dan Bebas Laktosa sehingga mendukung tumbuh kembang anak dan nyaman bagi pencernaan si kecil.
  • Cod Liver Oil (Minyak Hati Ikan Kod) mengandung Omega 3 (DHA & EPA), Vitamin A dan Vitamin D yang tinggi yang berguna untuk mengoptimalkan kecerdasan, meningkatkan daya tahan dan pertumbuhan. DHA berfungsi sebagai pembentuk struktur saraf/myelin sheath. EPA berfungsi sebagai penghantar impuls saraf.
  • Vitamin C, D3, dan Zinc merupakan vitamin dan mineral yang memegang peranan penting pada sistem kekebalan tubuh.
  • Omega 3 (Asam a-Linolenat) & Omega 6 (Asam Linoleat) merupakan asam lemak esensial yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Asam linoleat dan Asam a-linolenat ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga perlu asupan dari luar.
  • Serat Pangan Inulin berfungsi sebagai serat makanan yang sangat bermanfaat bagi pencernaan dan kesehatan anak.

Dengan vidoran Xmart Soya 1+  semoga Bunda tak perlu mengkhawatirkan lagi tumbuh kembang si Kecil yang alergi susu sapi!

Sumber
https://acaai.org
www.mayoclinic