Manfaatkan Periode Emas agar Anak Sehat dan Cerdas

Lima tahun pertama perkembangan anak sering disebut sebagai periode emas karena sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan anak.  Pada masa ini, otak anak berkembang pesat dan membutuhkan nutrisi yang tepat untuk membantu memberi otak energi.  Otak sendiri menggunakan lebih banyak energi (lebih dari 20% asupan energi harian) daripada organ lain di tubuh.

Karena itulah si Kecil perlu membangun kebiasaan makan yang sehat agar otaknya selalu mendapat asupan yang tepat. Nah, berikut kebiasaan-kebiasaan yang perlu dibangun di periode emas anak agar anak sehat dan cerdas:

Mulailah kegiatan dengan sarapan

Makan sarapan yang tinggi protein adalah cara untuk anak memulai hari mereka dengan lebih bersemangat. Protein dapat membantu anak tetap kenyang lebih lama dan membantu berkonsentrasi di sekolah. Sarapan sehat sederhana, seperti telur rebus, roti panggang, dan segelas susu vidoran Xmart  3+ dapat memenuhi kecukupan gizi anak di pagi hari.

Diet rendah gula

Penelitian University of Georgia bekerja sama dengan University of Southern California menunjukkan konsumsi minuman manis (seperti soda) setiap hari selama masa anak-anak dan remaja bisa merusak kinerja pada tugas belajar dan memori selama masa dewasa. Perubahan bakteri di usus akibat terlalu banyak minum manis diduga menjadi kunci kerusakan memori. Anak-anak dianjurkan tidak lebih dari 12 gram gula per hari (3 sendok teh). Padahal 1 kaleng soda biasa mengandung 40 gram (10 sendok teh) gula tambahan.

Pilih lemak yang sehat

Lemak sehat adalah bagian penting dari pola makan sehat karena memiliki berbagai manfaat bagi otak, seperti meningkatkan daya ingat dan mendorong mood baik. Lemak sehat sendiri terbagi menjadi dua, pertama lemak tak jenuh tunggal (contoh minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan) dan kedua, lemak tak jenuh ganda (contoh asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan kod). Sementara lemak tidak sehat adalah lemak trans yang banyak ditemukan di gorengan dan berbagai makanan olahan.

Minum susu

Susu, seperti vidoran Xmart 3+, merupakan minuman bernutrisi yang kaya protein, vitamin, dan mineral yang dapat mendukung tumbuh kembang anak di periode emas.

vidoran Xmart 3+ sendiri sangat istimewa karena diperkaya Cod Liver Oil atau Minyak Hati Ikan Cod yang kaya akan  omega 3 (DHA & EPA), Vitamin A dan D untuk mengoptimalkan perkembangan otak dan fungsi penglihatan si Kecil.  vidoran Xmart 3+ juga mengandung formula imunUp yang merupakan sumber Protein, sumber 12 Vitamin dan 6 Mineral serta kaya akan omega 3&6 serta inulin untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

Nah, semoga si Kecil dapat tumbuh optimal di periode emasnya!

Sumber:

https://raisingchildren.net.au

Artikel Lainnya: Khasiat Tak Terduga Minyak Hati Ikan Kod Jaga Kesehatan Mata si Kecil