Kenali Alergi Susu Sapi pada Anak

Susu dianggap sebagai minuman sehat dan bergizi lengkap karena mengandung berbagai makronutrien maupun mikronutrien yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang optimal anak. Sayangnya, ada anak-anak yang mengalami reaksi yang tidak diinginkan saat minum susu sapi, seperti diare, ruam, muntah, dan sebagainya.

Reaksi ini bisa merupakan indikasi bahwa si Kecil mengalami intoleransi laktosa atau alergi susu sapi.  Di Indonesia susu sapi menjadi salah satu alergen makanan yang paling umum terjadi. Menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) kejadian alergi susu sapi dilaporkan 5% sampai 7,5% pada anak-anak yang mendapat susu sapi. Kejadian tersebut akan berkurang hingga tinggal 30-40% pada saat anak menginjak usia 12 bulan dan terus berkurang hingga 5% pada usia 3 tahun.

Meski salah satu gejala yang ditimbulkan terkadang mirip, yakni diare, namun alergi susu sapi berbeda dengan intoleransi laktosa. Alergi susu sapi disebabkan oleh reaksi alergi terhadap protein dalam susu. Sementara intoleransi laktosa disebabkan si Kecil tidak memiliki cukup enzim laktase yang diperlukan untuk memecah laktosa, gula yang ditemukan dalam susu dan produk susu lainnya.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Si Kecil yang Alergi Susu Sapi

Jika si Kecil mengalami alergi susu sapi, susu formula hipoalergenik berbasis

asam amino atau susu formula hipoalergenik terhidrolisa ekstensif sering direkomendasikan sebagai susu pengganti. Protein dalam formula ini telah dipecah secara ekstensif sehingga bisa lebih diterima oleh anak-anak yang menderita alergi susu sapi. Sementara bagi anak dengan intoleransi laktosa, susu sapi umumnya diganti dengan susu formula free/low lactose.  Sayangnya, susu-susu tersebut harganya relatif mahal dan rasanya kurang enak.

 Alternatif pengganti susu sapi yang lebih terjangkau dengan rasa lebih lezat adalah  formula berbahan dasar kedelai seperti vidoran Xmart Soya 1+. vidoran Xmart Soya 1+ mengandung Isolat Protein Soya yang terbuat dari biji kedelai pilihan terbaik Amerika, dan bebas laktosa, sehingga lebih nyaman bagi pencernaan si Kecil yang tidak dapat mengonsumsi susu sapi dan tidak dapat mencerna laktosa.

vidoran Xmart Soya 1+ mengandung nutrisi yang sebaik susu sapi, dilengkapi formula imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil, vitamin C, D3, E, dan Zinc yang memegang peranan penting bagi sistem kekebalan tubuh, serta tumbuh kembang anak. Cod Liver Oil (Minyak Hati Ikan Kod) dalam vidoran Xmart Soya 1+ mengandung Omega 3 (DHA & EPA), Vitamin A dan Vitamin D yang tinggi yang berguna untuk mengoptimalkan kecerdasan, meningkatkan daya tahan dan pertumbuhan.